Ayo Belanja Produk IKM di Balai Kota DKI

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Gelar Produk IKM Kreatif 2019 di Balai Kota DKI Jakarta. Pelaksanaan kali ini berlangsung pada 11-14 November 2019. 

Gelar Produk IKM Kreatif yang menjadi penyelenggaraan kali ke-17 atau yang terakhir diselenggarakan pada tahun 2019 tersebut diikuti 34 pelaku industri kecil dan menngah (IKM) dengan komoditi makanan dan minuman, komoditi fesyen 17 IKM, komoditi kerajinan 20 IKM, serta komoditi kosmetik atau sabun satu IKM.

Kepala Bidang Industri Dinas PE DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, kegiatan tersebut mengangkat tema "Menjadikan IKM DKI Jakarta yang Inovatif, Kreatif, Mandiri (Jak-IKM)". 

"Melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat membantu para IKM untuk memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan pendapatan," ujarnya, Senin (11/11). 

Ratu menjelaskan, selain dapat meningkatkan pendapatan IKM, ekshibisi tersebut juga dapat memperluas jejaring pemasaran, membuka peluang kerja, serta menghasilkan wirausaha baru potensial di Jakarta. 

"Kegiatan ini harus menjadi momentum untuk mendorong target perluasan pemasaran dengan inovasi dan terobosan baru. Sehingga, produk-produk IKM yang dihasilkan oleh dapat bersaing dengan produk industri sejenis lainnya di pasaran," terangnya. 

Ia menargetkan, pelaksanaan Gelar Produk IKM Kreatif 2019 kali ini dapat meraih omzet mencapai Rp 500 juta dalam empat hari pelaksanaannya. 

"Biasanya hanya berkisar Rp 300 juta. Ini penyelenggaraan terakhir tahun ini, semoga tembus pencapaian tertinggi," ungkapnya. 

Ratu meminta, peserta pameran untuk tidak menyia-nyiakan peluang yang ada dengan etos kerja tinggi, datang tepat waktu dan siap menerima pesanan dalam skala besar. 

"Saya berharap, seluruh IKM binaan semakin sukses dan bisa terus mengembangkan usaha," tandasnya.(p/ab)